Kuliner Indramayu, Cumi-cumi Bakar Big Super Jumbo Berbobot 3 Kg Dapat Dimakan 5 Orang

Hidangan dengan cumi ukuran jumbo menggugah selera. (foto/mandanews.id/riyan)


Indramayu, Mandanews.id – Kabupaten Indramayu merupakan daerah pesisir di pantai utara Jawa Barat yang memiliki panjang bentangan pantai sekitar 115,5 km.

Maka tak heran, jika daerah yang dijuluki kota Mangga itu kaya akan kuliner olahan seafood nya.

Salah satu yang mengundang perhatian banyak pecinta kuliner yaitu cumi-cumi bakar big super jumbo, yang dijual di Kedai Asep Kriwil.

Lokasinya di jalan Wirapati Askal Penganjang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Jawa barat.

Sebutan cumi-cumi bakar big super jumbo sendiri disematkan untuk menu makanan cumi-cumi bakar dengan bobot dari 2,5 kilogram sampai 3 kilogram.

Cumi-cumi itu didatangkan khusus dari wilayah Jakarta.

Menurut sang juru racik, Asep Kriwil mengatakan, satu porsi cumi-cumi bakar big super jumbo dibandrol seharga Rp170.000, yang dapat dimakan hingga 5 orang.

“Satu ekor atau satu porsi cumi-cumi bakar big super jumbo beratnya 2,5 kilogram sampai 3 kilogram dan bisa dimakan oleh 4 hingga 5 orang,” kata dia, Minggu (13/10/2024).

Selain cumi-cumi bakar big super jumbo, Asep menyampaikan, di kedainya itu juga menyediakan cumi-cumi bakar ukuran lainnya, seperti ukuran sedang, jumbo, dan super jumbo.

“Cumi-cumi bakar ukuran sedang beratnya 8 ons, satu porsinya dibandrol Rp60.000 dapat dimakan untuk 1 orang. Sedangkan yang ukuran jumbo satu porsinya dibandrol Rp75.000, bisa dimakan 2 orang. Lalu untuk yang ukuran super jumbo beratnya 1,8 kilogram, satu porsinya dibandrol Rp120.000, dapat dimakan 3 orang,” ujar dia.

Meski berukuran super besar, Asep menjamin bahwa cumi-cumi bakar racikannya memiliki tekstur daging yang empuk dan citarasa yang lezat.

“Untuk citarasa dan kualitasnya saya berani jamin, karena saya juga mengolahnya tidak asal-asalan dan memakai cara khusus. Bumbu yang saya gunakan juga terbuat dari rempah-rempah pilihan. Resep yang saya gunakan merupakan warisan keluarga, jadi tidak sama dengan resep lain,” ungkap dia.

Berkonsep saung dengan view persawahan, kedai Asep Kriwil ini buka tiap hari mulai pukul 09.00 sampai 23.00 WIB. Karena memiliki menu yang tidak biasa, maka tak heran jika tempat makan tersebut pengunjungnya selalu ramai.

Saking ramainya, dalam dua Minggu kedai Asep Kriwil dapat menghabiskan hingga 1 ton cumi-cumi berukuran besar.

“Tiap hari bisa menjual cumi bakar berbagai varian sebayak 50 kilogram, dan menghabiskan 1 ton cumi ukuran jumbo dalam dua Minggu. Alhamdulillah, para pelanggan dari berbagai wilayah di kabupaten Indramayu bahkan luar Indramayu sudah pernah kesini dan responnya cukup bagus,” tutur dia.

Salah satu pengunjung, Selamet Hidayat (42) mengatakan, ia baru pertama kali menyantap cumi-cumi bakar big super jumbo ini. Menurutnya, tekstur dagingnya empuk dan bumbunya meresap. Rasa pedas manis cocok untuk pecinta seafood.

“Dagingnya empuk, rasanya enak, terus bumbunya juga meresap banget jadi kaya menyatu gitu, juga nggak bau amis. Kalau mau pedas banget juga bisa request,” kata dia. (Riyan/Dwi)