KPU Indramayu Gelar Rikes 3 Paslon Cabup dan Cawabup di RSHS Bandung, Pemeriksaan Dilakukan Tim Medis Profesional

Semangat Persatuan di Tengah Persaingan, Tiga Paslon Pilkada Indramayu Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSHS Bandung. (foto/mandanews.id/dok.ist)


Indramayu, Mandanews.id – Dalam rangkaian tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu mengadakan pemeriksaan kesehatan (Rikes) bagi para bakal pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati.

Pemeriksaan ini digelar di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung selama dua hari, dimulai pada 30 Agustus 2024 untuk pemeriksaan rohani dan dilanjutkan pada 1 September 2024 untuk pemeriksaan jasmani.

Tiga bakal pasangan calon yang mengikuti pemeriksaan kesehatan ini adalah Lucky Hakim dan Syaefudin, Nina Agustina dan Tobroni, serta Bambang Hermanto dan Kasan Basari.

Meski berada di tengah kompetisi politik, suasana pemeriksaan berlangsung penuh kebersamaan dan kegembiraan.

Sebelum memasuki gedung untuk pemeriksaan rohani, para Paslon sempat berfoto bersama dengan bergandengan tangan, menunjukkan semangat persatuan yang tetap terjaga.

Ketua KPU Indramayu, Masykur mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini merupakan tahapan penting dalam memastikan kesiapan fisik dan mental para Paslon untuk mengikuti proses Pilkada selanjutnya.

“Kami mengapresiasi semangat para calon yang tidak hanya menunjukkan komitmen terhadap proses pemilihan, tetapi juga menjaga hubungan yang baik diantara mereka,” ujar dia, Minggu (1/9/2024).

Masykur menyampaikan, proses pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh tim medis profesional dari RSHS Bandung, yang meliputi evaluasi kondisi fisik dan mental.

Tujuannya adalah untuk memastikan setiap calon berada dalam kondisi prima untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pemimpin daerah.

Dalam hal ini, Masykur berkomitmen untuk menyelenggarakan Pilkada yang adil, transparan, dan penuh semangat kebersamaan.

“Diharapkan, semangat persatuan yang ditunjukkan oleh para calon ini dapat terus terjaga hingga proses pemilihan selesai,” ujar dia.

Sementara, Lucky Hakim, salah satu Paslon yang diusung oleh partai NasDem dan PKS mengungkapkan, bahwa proses pemeriksaan berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah, semua berjalan lancar, nyaman, dan terlayani dengan baik,” ungkap dia.

Lucky juga menuturkan, rangkaian tes kesehatan ini memakan waktu dua hari, meliputi pemeriksaan jasmani dan rohani, cek fisik dasar, psikologi, tes kejiwaan, serta pemeriksaan kesehatan umum dan fungsi organ tubuh.

“Untuk Persiapannya, tentu dengan istirahat cukup dan berpuasa karena adanya pemeriksaan darah dan urin,” tutur dia. (Riyan/Dwi)