Bantuan Dana Hibah KNPI Indramayu 2024 Diberhentikan, Ketua KNPI: Kami Terpaksa Berkegiatan Secara Mandiri

Oplus_131072

Surat Pemberitahuan Pemberhentian sementara bantuan Dana Hibah KNPI Tahun 2024. (foto/mandanews.id/dok.)


Indramayu, Mandanews.id – Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Indramayu secara resmi menghentikan sementara bantuan dana hibah untuk Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Indramayu tahun 2024.

Penghentian ini merujuk pada surat pemberitahuan nomor: 700.1.2.1/787/DISPARA, yang menyatakan bahwa dana hibah tahun 2024 diberhentikan hingga pertanggungjawaban belanja dana hibah tahun anggaran 2023 selesai dipertanggungjawabkan.

Surat pemberhentian ini menindaklanjuti hasil audit Inspektorat Kabupaten Indramayu nomor: 700.1.2.1/322.a/irbansus/itkab tertanggal 5 Agustus 2024, yang mengungkapkan adanya laporan hasil audit dengan tujuan tertentu atas penggunaan dana hibah tahun anggaran 2023 pada KNPI Kabupaten Indramayu.

Menanggapi keputusan ini, Ketua KNPI Kabupaten Indramayu, Khamzah Fansuri, menyatakan bahwa penghentian dana hibah tersebut berdampak signifikan terhadap kegiatan organisasi pemuda yang berada di bawah naungan KNPI Indramayu.

“Jelas ini berdampak pada kegiatan organisasi pemuda, khususnya yang terhimpun di KNPI Indramayu. Karena beberapa hal yang sulit terkomunikasikan, akhirnya kita puasa dan berusaha berkegiatan secara mandiri,” ujar Khamzah, Rabu (28/08/2024).

Khamzah menambahkan bahwa selama ini, berbagai kegiatan KNPI, termasuk pelantikan DPD KNPI, telah dilakukan dengan pendanaan mandiri, yang sebagian besar berasal dari donasi dan dana talangan.

Namun, hingga saat ini, mereka masih dibebani hutang puluhan juta rupiah akibat dana talangan tersebut.

“Tidak apa-apa, saya selaku ketua siap bertanggung jawab menyelesaikan ini semua,” tegasnya.

Lebih lanjut, Khamzah berharap setelah Pilkada 2024, siapa pun yang terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Indramayu dapat lebih bersinergi dengan organisasi pemuda untuk memajukan Kabupaten Indramayu.

“Kami berharap, siapapun yang menjadi pemimpin di Indramayu, semoga bisa lebih terjalin komunikasi dengan organisasi pemuda yang ada di Indramayu agar bisa bersinergi dalam memajukan kabupaten ini,” harap Khamzah.

Ia juga berpesan kepada seluruh unsur organisasi kepemudaan dan DPK KNPI se-Indramayu agar tetap semangat dan mandiri dalam berorganisasi, serta terus berjuang untuk kemajuan pemuda di Indramayu. (Dwi/red)