Jelang Pilkada 2024, Kapolres Indramayu Kunjungi Kantor Bawaslu

Kapolres Indramayu, AKBP Ari Setyawan Wibowo Temui Bawaslu: Antisipasi Kerawanan Pilkada 2024. (foto/mandanews.id/riyan)


Indramayu, Mandanews.id – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Kapolres Indramayu, AKBP Ari Setyawan Wibowo menyambangi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), di Jl Jendral Ahmad Yani, Kecamatan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/7/2024).

Kedatangan Kapolres bersama sejumlah perwira tersebut disambut oleh Ketua Bawaslu Indramayu, Ahmad Tabroni, serta anggota Komisioner lainnya yang dipusatkan di ruang kerja Bawaslu setempat.

“Pada hari ini saya selaku Kapolres Indramayu dapat bersilaturahmi dan berkordinasi awal dengan Bawaslu, dalam rangka mempersiapkan perhelatan Pilkada serentak 2024,” ujar Kapolres Indramayu, AKBP Ari Setyawan Wibowo.

Ari mengatakan, rangkain kegiatan silaturahmi itu bentuk langkah cepat dan tepat untuk mengawal perhelatan jelang Pilkada Indramayu 2024 dimasa mendatang.

“Kita dapat saling bersinergi dan bekerja sama, terutama dalam mensukseskan pilkada serentak, khususnya di Kabupaten Indramayu ini,” kata Ari.

Ari mengungkapkan, selain silaturahmi dan koordinasi, pertemuan tersebut juga menyampaikan perihal penting berupa perlindungan keamanan serta hal-hal yang tidak diharapkan terjadi bagi para komisioner Bawaslu dalam pelaksanaan pengawasan Pemilu serentak.

“Untuk pengamanan sudah ada, karena kita dari kepolisian sudah ada jukrahnya, dari tingkat Mabes, ditindaklanjuti tingkat Polda, kemudian ditindaklanjut lagi tingkat polres. Terkait pola pengamanan TPS sudah kita rencanakan dan sudah kita siapkan, termasuk tempat-tempat pengamanan dan juga orang yang diamankan. Insya Allah kita sudah siap menghadapi putaran Pilkada di 2024 ini,” ungkap Ari.

Ari mengimbau kepada seluruh element masyarakat ataupun stakeholder terkait, agar bersama-sama menjaga kondusifitas di wilayah hukum polres Indramayu.

“Kita tetap guyub rukun, kita sukseskan Pilkada 2024 ini, jaga persatuan antar warga, jangan sampai dengan adanya pilkada ini malah memecah persatuan kita ataupun rasa kekeluargaan kita. Termasuk di medsos tolong untuk selalu jaga kondusifitasnya,” imbaunya.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Indramayu, Ahmad Tabroni mengungkapkan, secara kelembagaan, dalam menghadapi Pilkada membutuhkan kerjasama semua stakeholder, salah satunya pihak Kepolisian.

“Pihak kepolisian ini yang berperan dalam sisi pengamanan agar tercipta suasana sejuk dan damai dalam setiap tahapan Pilkada,” ungkap dia.

Terkait kerawanan, Tabroni menambahkan, pihaknya sudah melaksanakan rapat koordinasi tingkat provinsi untuk memotret gambaran indeks kerawanan pemilu (IKP), dimana pihak kepolisian menjadi satu stakeholder mitra kerja Bawaslu saat pelaksanaan Pilkada.

“Kepolisian menjadi satu stakeholder mitra kerja kita. Diharapkan, sinergitas dan kolaborasi kita secara kelembagaan ke depan bisa lebih intens untuk melihat titik mana potensi-potensi kerawanan setiap tahapan,” terang dia. (Riyan/Dwi)