Kenalkan Lingkungan dan Ekstrakurikuler Sekolah kepada Siswa Baru, SDN 5 Margadadi Gelar Kegiatan MPLS

MPLS siswa kelas 2 hingga kelas 5 dilaksanakan selama satu minggu, dimulai pada tanggal 15 Juli 2024. (foto/mandanews.id/riyan)


Indramayu, Mandanews.id – Dalam rangka memperkenalkan lingkungan dan ekstrakurikuler sekolah kepada siswa baru, UPTD SDN 5 Margadadi, Kabupaten Indramayu, menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Kegiatan MPLS yang dilaksanakam UPTD SDN 5 Margadadi tersebut telah berlangsung sesuai dengan petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah UPTD SDN 5 Margadadi, Soleha, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/7/2024). Menurutnya, kegiatan MPLS siswa kelas 1 berlangsung selama dua minggu, mulai dari tanggal 15 hingga 27 Juli 2024.

Sementara, lanjut dia, kegiatan MPLS siswa kelas 2 hingga kelas 5 dilaksanakan selama satu minggu, dimulai pada tanggal 15 Juli 2024.

“Kegiatan MPLS di SDN 5 Margadadi dilaksanakan setiap hari, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan untuk masing-masing kelas,” ujar Soleha.

“Kami bekerja sama dengan komite sekolah dan orang tua untuk mengatur jadwal kegiatan, termasuk demonstrasi program-program ekstrakurikuler yang ada di sekolah,” sambung dia.

Soleha mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan MPLS bertujuan untuk membantu siswa dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah, agar nantinya kegiatan belajar-mengajar dapat terlaksana dengan baik.

“Untuk kegiatan MPLS, kami bekerja sama dengan orang tua siswa untuk membantu anak-anak beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru,” ungkap dia.

Soleha mengatakan, pada hari pertama, kegiatan MPLS dilaksanakan dengan menampilkan seni tari dan pantomime. Dimana, kedua kesenian unggulan milik SDN 5 Margadadi itu telah berhasil meraih juara di tingkat kabupaten dan provinsi.

Selanjutnya hari kedua, MPLS diisi dengan kegiatan olahraga futsal dan karate, dengan tujuan untuk menunjukkan bahwa sekolah SDN 5 Margadadi tidak hanya berprestasi di bidang seni, melainkan juga di bidang olahraga.

“Kami ingin siswa baru memiliki pengalaman pertama yang berkesan. Prestasi karate tingkat provinsi juga menjadi salah satu kebanggaan sekolah kami,” terang Soleha.

Soleha mengungkapkan, tidak hanya menampilkan bidang seni dan olahraga, kegiatan MPLS juga mencakup demonstrasi program literasi dan keterampilan serta kegiatan cinta lingkungan dengan melakukan penanaman pohon.

“Untuk keterampilan, rencananya minggu depan kita akan fokus pada kegiatan seperti membuat rangkaian tempat pot dari barang-barang bekas, serta kegiatan penanaman pohon untuk menanamkan cinta lingkungan pada siswa kelas 1 dan 2,” ungkap dia.

Di sisi lain, Soleha menambahkan, untuk tahun ajaran 2024-2025, SDN 5 Margadadi menerima 64 siswa baru kelas 1 yang dibagi ke dalam dua rombongan belajar.

“Meskipun pendaftaran banyak, hanya dua rombongan yang diterima untuk memastikan kualitas pendidikan yang optimal,” pungkas dia. (Riyan/Dwi)