Ponpes Daarul Mansur Indramayu Sambut Santri Baru dari Sejumlah Daerah


Indramayu, Mandanews.id – Memasuki tahun ajaran baru 2024-2025, Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Mansur Indramayu kedatangan para santri baru dari berbagai daerah.

Tidak hanya dari Jawa Barat, bahkan santri baru itu ada pula yang berasal dari Jawa Tengah, seperti Purwokerto.

Diketahui, Ponpes Daarul Mansur Indramayu sendiri terletak di jantung kota Indramayu, yang jaraknya hanya 100 meter dari Alun-alun Puspawangi, tepatnya di gang Randu Gede, Jl Letnan Sutejo, Kelurahan Margadadi, Kecamatan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Ponpes Daarul Mansur sendiri sudah ada diberbagai wilayah di Indonesia, seperti di Tanggerang, Purwakarta, Karawang, Kuningan, dan Indramayu, dengan jumlah santri secara keseluruhan sebanyak 8.000 santri.

“Di Ponpes Daarul Mansur Indramayu, yang kami kedepankan adalah Tahfiz Qur’an dan Kitab Kuning. Sehingga para santri menjadi penghafal Al-Qur’an 30 Just beserta arti dan terjemahannya,” terang Pimpinan Ponpes Daarul Mansur Indramayu, KH A Rochimi Ridwan, Sabtu (20/7/2024).

Adapun, lanjut Rochimi, program pembelajaran yang sudah berjalan di Ponpes Daarul Mansur Indramayu saat ini diantaranya Tahfidz camp, nyantri weekend, serta pendidikan setingkat SMP dan SMA yakni mondok reguler dengan waktu pendidikan 3-6 tahun.

“Untuk biaya mondok di Daarul Mansur Indramayu, wali santri cukup membayar biaya masuk sebesar Rp4,9 juta dan biaya SPP bulanan sebesar Rp449 ribu,” ujar Rochimi.

Sementara, salah satu wali santri asal Purwokerto, Jawa tengah, Khamzah (44) mengungkapkan, mengetahui tentang Ponpes Daarul Mansur dari konten YouTube dan sekaligus pengemar dari Ustadz Yusuf Mansur.

“Alhamdulillah, anak saya akhirnya bisa nyantri di Ponpes Daarul Mansur Indramayu. Semoga anak saya bisa betah dan menjadi contoh bagi warga Purwokerto untuk bisa nyantri di Ponpes Daarul Mansur,” ungkap dia. (Riyan/Dwi)