Harapan Besar Warga yang Ingin RS Reysa Indramayu Kembali Beroperasional Lewat Aksi Bersih-bersih


Indramayu, Mandanews.id – Aksi bersih-bersih dilakukan kaum ibu-ibu di Rumah Sakit (RS) Reysa di Desa Cikedung Lor, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jumat (19/7/2024).

Mereka punya keyakinan kuat, RS yang sudah lama terbengkalai sejak 2016 lalu itu akan beroperasional kembali.

Apalagi, keberadaan RS Reysa ini memang sudah sangat diharapkan oleh warga, khususnya warga yang ada di wilayah setempat.

Dewi Latifah (33), salah satunya. Ia ikut serta dalam aksi bersih-bersih rumah sakit karena menaruh harapan serupa.

“Pengennya sih ya diaktifin lagi pak, biar kami warga sini kalau berobat itu tidak jauh,” ucap dia, saat ditemui di sela-sela aksi bersih-bersih tersebut.

Dewi mengatakan, RS Reysa yang dibangun tahun 2014 ini dulunya sangat ramai. Mengingat, rumah sakit itu menjadi satu-satunya RS yang ada di wilayah Kecamatan Cikedung dan Kecamatan Terisi yang bergeografis di wilayah Indramayu bagian barat.

Sejak tutup, warga setempat hanya bisa mengandalkan puskesmas saja. Mengingat jika ingin berobat ke RS terdekat jarak yang harus mereka tempuh cukup jauh.

Seperti RSUD Indramayu yang berada di Indramayu Kota, RS Bhayangkara di Kecamatan Losarang, dan rumah sakit-rumah sakit lainnya yang juga memerlukan jarak tempuh yang tidak dekat.

Bahkan lanjut Dewi, sebagian warga sampai harus berobat ke RS yang berbatasan dengan Kabupaten Subang, karena dinilai lebih dekat. “Dulu itu ramai banget di sini, karena kan warga yang mau berobat juga jadi dekat,” ucap dia.

Diketahui, aksi bersih-bersih itu juga melibatkan para anggota TNI. Namun, berbeda dengan ibu-ibu, para anggota TNI membersihkan RS Reysa karena memang tengah menjalani program Jumat Bersih.

Peltu Radiyah selaku Danposmil Cikedung mengatakan, kebetulan kondisi RS Reysa memang keadaannya sangat kumuh. Sampah hingga dedaunan kering berserakan di sejumlah areal rumah sakit.

Sehingga pihaknya pun berinisiatif membersihkan rumah sakit setempat pada program Jumat Bersih hari ini. Dengan harapan, walau kondisi rumah sakit tersebut tutup tetapi jangan sampai menimbulkan kesan kumuh.

“Ini program Jumat Bersih. Kegiatan ini rutin kami laksanakan setiap hari Jumat sesuai dengan perintah dari Komando Atas, terutama Pak Dandim. Kami juga dibantu oleh warga di Desa Cikedung Lor ini,” terang dia. (Riyan/Dwi)