Polsek Balongan Gandeng Tagana untuk Edukasi Penanggulangan Bencana

Tagana Indramayu Memberikan Materi Penanggulangan Bencana di Satkamling Wiralodra Presisi Desa Tegalurung. (foto/mandanews.id/beni)

Indramayu, Mandanews.id – Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan dan pengetahuan masyarakat terhadap bencana, Polsek Balongan meminta Tim Tagana (Taruna Siaga Bencana) Indramayu untuk memberikan materi tentang penanggulangan bencana dan peran Dinas Sosial dalam upaya tersebut.

Kegiatan ini berlangsung di Satkamling Wiralodra Presisi, Desa Tegalurung, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.

Dalam acara yang digelar untuk calon peserta Siskamling Tingkat Polda Jabar ini, Zaenal Abidin dan Damuri E dari Tagana memberikan paparan mendalam tentang pemahaman bencana dan peran Tagana dalam penanggulangan bencana.

Materi yang disampaikan mencakup berbagai aspek, mulai dari jenis-jenis bencana, langkah-langkah mitigasi, hingga bagaimana peran aktif masyarakat dalam situasi darurat.

“Kami ingin memastikan bahwa masyarakat memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai bencana dan tahu apa yang harus dilakukan saat bencana terjadi. Peran Dinas Sosial dan Tagana sangat penting dalam memberikan bantuan dan perlindungan kepada korban bencana,” ujar Zaenal Abidin, Sabtu (15/06/2024).

Selain materi yang disampaikan, acara ini juga diisi dengan sesi diskusi interaktif.

Peserta yang terdiri dari anggota Satkamling Tegalurung dan Ragem Desa Tegalurung, Kecamatan Balongan, dengan antusias mengikuti jalannya diskusi.

Mereka diajak untuk berbagi pengalaman, bertanya, dan mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai strategi penanggulangan bencana.

Kapolsek Balongan, IPTU Wawan, S.H., M.Si., dalam sambutannya menegaskan pentingnya menjaga kondusifitas dan solidaritas di masyarakat, terutama dalam menghadapi situasi darurat.

“Kesiapsiagaan kita dalam menghadapi bencana sangat bergantung pada kolaborasi dan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Mari kita jaga lingkungan kita dan selalu siap siaga,” ajak IPTU Wawan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat Desa Tegalurung, serta memperkuat sinergi antara masyarakat, kepolisian, dan Dinas Sosial dalam menghadapi bencana.

Dengan pengetahuan dan kesiapan yang baik, diharapkan dampak negatif dari bencana dapat diminimalisir. (Dwi/Beni)