Libur Lebaran 1445 H, Kunjungan Wisata Melonjak Drastis, 103.062 Wisatawan Liburan di Indramayu

Plt. Kepala Dispara Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana saat melaksakan kunjungan ke Pantai Tirtamaya. (foto/mandanews.id/dok.)


Indramayu, Mandanews.id – Liburan Hari Idul Fitri 1445 H berhasil mendongkrak kunjungan wisata di Kabupaten Indramayu.

Objek wisata pantai masih menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Pantai Tirta Ayu Balongan menjadi objek wisata paling banyak dikunjungi dengan jumlah pengunjung mencapai 30.016 orang.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu, kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata di Indramayu selama libur lebaran mencapai 103.062 orang.

Wisatawan tersebut mengunjungi destinasi wisata alam dan buatan yang tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Indramayu.

Bupati Indramayu, Nina Agustina, melalui Plt. Kepala Dispara, Aan Hendrajana, menyatakan bahwa terdapat 14 lokasi objek wisata yang menjadi fokus pemantauan karena tingginya jumlah pengunjung.

Ke-14 objek wisata tersebut meliputi Pantai Balongan Indah, Pantai Karangsong, Pantai Tirtamaya, Kolam Renang 3 Bintang Firdaus, Pantai Tirta Ayu, Waterboom Tirta Djaya, Djoyland, Kolam Renang Agung Fantasi, Pantai Glayem, Pantai Plentong, Pantai Junti (Laut Biru), Kolam Renang Tirtanadi, Agrowisata Situ Bolang, dan Waterpark Tirta Pesona.

Aan merinci, dari empat belas objek wisata tersebut, yang paling banyak dikunjungi adalah Pantai Tirta Ayu Balongan dengan 30.016 wisatawan, diikuti oleh Kolam Renang Tiga Firdaus di Kecamatan Terisi dengan 23.689 wisatawan, Pantai Plentong di Kecamatan Sukra dengan 8.907 wisatawan, Pantai Tirtamaya di Kecamatan Juntinyuat dengan 7.879 wisatawan, dan Waterpark Tirta Pesona di Kecamatan Juntinyuat dengan 5.524 wisatawan.

“Meningkatnya kunjungan wisatawan ini tidak hanya disebabkan oleh libur lebaran, tetapi juga berkat masifnya promosi yang dilakukan oleh para pengelola wisata serta berbagai inovasi yang terus dilakukan,” kata Aan, Jum’at (19/4/2024).

“Selain itu, Pemerintah Kabupaten Indramayu juga terus melakukan pembinaan terhadap para pelaku wisata agar dapat menerapkan prinsip Sapta Pesona, yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan memberikan kenangan yang baik,” tambah Aan.

Di bawah kepemimpinan Bupati Nina Agustina, Pemkab Indramayu juga terus membangun dan mengembangkan desa-desa wisata serta menambah berbagai fasilitas di berbagai objek wisata.

Pada tahun 2023, sebanyak 11 desa wisata mendapatkan bantuan pengembangan sarana wisata di lokasi objek wisata di desanya.

“Bupati Indramayu Nina Agustina sangat mengapresiasi para pelaku dan pengelola wisata karena mereka konsisten dalam mengembangkan pariwisata,” ungkap Aan.

“Hal ini harus dipertahankan dan terus berinovasi untuk meningkatkan ekonomi daerah yang berdampak pada pendapatan masyarakat Kabupaten Indramayu,” imbuhnya.

“Pemkab Indramayu juga terus mengembangkan desa wisata agar berdampak positif bagi masyarakat sekitarnya,” tutup Aan. (Dwi/Red)