Air Payau di Embarkasi Haji Indramayu, PDAM Bersiap Pasok Air Bersih untuk Jemaah

Direktur Utama Perum Dam Tirta Darma Ayu Indramayu, Ady Setiawan. (foto/mandanews.id/riyan).

Indramayu, Mandanews.id – Pasca inspeksi mendadak oleh Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, terkait kualitas air payau di Embarkasi Haji Indramayu yang akan digunakan oleh calon jemaah haji.

Perum Dam Tirta Darma Ayu (PDAM) Indramayu, siap memasok air bersih untuk kebutuhan para calon haji.

PDAM Indramayu akan menyuplai air bersih sebanyak lima liter perdetik atau setara dengan 432.000 liter per hari, untuk 1000 calon jemaah haji.

Direktur Utama PDAM, Ady Setiawan, menjelaskan bahwa mereka telah menyiapkan jalur pipa dari IKK Lelea untuk mensuplai air baku ke Embarkasi Haji.

“Meskipun anggaran untuk kebutuhan air baku belum sesuai, kami akan menggunakan tangki untuk mensuplai air bersih jika perlu,” kata Ady, Senin (06/05/2024).

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menekankan pentingnya suplai air bersih di Embarkasi Haji Indramayu, yakni sebanyak 5 liter per detik atau setara dengan 432.000 liter per hari, untuk 1000 calon jemaah haji.

Ady menyoroti kendala penggunaan tangki sebagai sumber air bersih yang dapat menghambat pengiriman dan berdampak pada kebutuhan air jemaah calon haji.

“Dalam jangka panjang, kami berharap Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat dapat menganggarkan pembangunan pipa air untuk mensuplai kebutuhan air di Embarkasi Haji Indramayu,” tutupnya. (Riyan/Dwi)