Sejumlah Wilayah di Kabupaten Indramayu Terendam Banjir, Akibat Hujan Intensitas Tinggi

Kondisi banjir akibat hujan deras mengguyur di Desa Dermayu Kecamatan Sindang. (foto/mandanews.id/zidan)

Indramayu, Mandanews.id – Akibat hujan deras beberapa hari ini mengguyur kota Mangga, sebabkan banjir di beberapa lokasi.

Terpantau, Kamis (14/03/2024) di salah satu wilayah Desa Dermayu kecamatan Sindang, tepatnya di blok Centeng. Air merendam pemukiman padat penduduk dengan ketinggian mencapai setengah meter.

Salah satu warga Desa Dermayu, Eti Purwanti menuturkan akibat hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama. Air hujan mengakibatkan banjir.

Menurut pengakuan Eti, banjir di desanya itu selalu terjadi setiap tahun. Selain karena curah hujan yang tinggi, lokasi wilayah yang rendah dan buruknya drainase juga menjadi penyebab terjadinya banjir.

“Banjir dari pukul 03.30 WIB dini hari, airnya udah masuk ke dalam (rumah), banjir karena hujan, hujannya itu tidak berhenti-henti jadi air pada masuk semua,” kata dia.

“Di sini banjir sering, kalau hujannya gak berhenti-henti pasti banjir, setiap tahun sekali. Air baru surut setelah dua hari, itu juga kalau gak hujan,” tutur dia.

Sementara itu, pantauan diwilayah lain, banjir juga merendam di Desa Totoran dan Desa Karanganyar, Kecamatan Pasekan. Di sana banjir merendam sejumlah rumah penduduk dan halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) Totoran.

“Di sini terjadi banjir dengan ketinggian setengah betis, dikarenakan aliran drainase yang rusak,” ujar Camat Pasekan, Dedeh Nurjanah, saat meninjau lokasi banjir di Desa Karanganyar.

Pihaknya akan segera mencari solusi untuk mengatasi banjir yang terjadi di wilayahnya tersebut.

“Mudah-mudahan banjir cepat surut dan kita bisa mencari solusinya untuk kebaikan bersama,” jelas Camat Pasekan.

Banjir juga merendam jalan protokol di kota Indramayu hingga kendaraan pengendara yang melintas mati akibat air masuk. (Zidan/Dwi)