Didampingi Pengacaranya, Suami Laporkan Dugaan Malpraktik Persalinan ke Polres Indramayu

Suami melaporkan dugaan malpraktik terkait penanganan persalinan ke Polres Indramayu. (foto/mandanews.id/Dwi F)

Mandanews.idIndramayu – Keluarga almarhumah Kartini (23), warga Kertawinangun, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu yang meninggal bersama bayinya di Ruma Sakit Umum Daerah (RSUD) Pantura MA Sentot Patrol, mendatangi Mapolres Indramayu, Rabu (20/12/2023).

Didampingi pengacaranya, kedatangan mereka untuk melaporkan dugaan malapraktik terkait penanganan persalinan yang terjadi pada hari Selasa (19/12/2023).

Pengacara Keluarga Almarhumah, Toni RM menuturkan, pihaknya telah membuat laporan Polisi dan langsung dilakukan pemeriksaan terhadap Tasrun suami dari Kartini yang meninggal saat melahirkan anak pertamanya.

“Kami melaporkan ke Polres Indramayu terkait dugaan malapraktik yang mengakibatkan ibu dan bayinya meninggal dunia,” kata Toni.

Toni menjelaskan, pihaknya melaporkan peristiwa yang dialami keluarga Tasrun dengan tujuan agar pihak Polisi melakukan penyelidikan apakah kejadian tersebut masuk dalam unsur malapraktik atau tidak.

“Makanya biar ada kepastian hukum kami membuat laporan agar penyidik bekerja dan akan ditentukan peristiwa meninggalnya ibu dan bayi di RSUD Pantura MA Sentot itu ada pidana atau tidak,” jelas dia.

Berdasarkan keterangan Tasrun, Toni menyebut Polisi akan mendalami kasus itu dan akan menyimpulkan apakah masuk ke pidana atau tidak. Toni berharap, kepada Kapolres Indramayu agar lebih cepat lagi menangani kasus tersebut agar memiliki kepastian.

“Karena kasus ini sudah menjadi perhatian publik, dan agar diusut sampai tuntas,” Ujarnya.

Sementara, Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar membenarkan atas adanya laporan dari keluarga Kartini dan sudah diterima oleh pihak Polres Indramayu.

Menurutnya, suami korban melaporkan atas dasar dugaan malapraktik terkait penanganan persalinan.

“Jadi hari ini kami terima laporan dari salah satu warga, di mana warga ini melaporkan adanya dugaan malapraktik terkait penanganan persalinan istrinya yang terjadi pada hari kemarin (Selasa),” tutur Kapolres Indramayu, saat ditemui di Mapolres setempat.

Fahri menegaskan, saat ini Satreskrim Polres Indramayu masih melakukan pemeriksaan dan akan melakukan gelar perkara dan melengkapi alat bukti lainnya.

“Kami masih melakukan pemeriksaan kepada pelapor, tentunya setelah melakukan pemeriksaan kami akan melengkapi alat bukti, dan juga melakukan gelar perkara,” tegas Kapolres Indramayu. (Zidan/Dwi F)