PT KPI Gelar Upacara Hari Pahlawan, Semangat Masa Depan Perangi Kemiskinan dan Kebodohan

PT KPI Unit VI Balongan Laksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Perumahan Pertamina Bumi Patra. (foto/istimewa)

Mandanews.idIndramayu – PT Kilang Pertamina Internasional RU VI Balongan menggelar Upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Perumahan Pertamina Bumi Patra pada Jumat (10/11/2023).

Upacara diikuti oleh para Pekerja RU VI Balongan, TNI, Polri, serta Perwakilan pekerja dari Pertamina Group di Indramayu dan beberapa stakeholder perusahaan lainnya.

Read more: PT KPI Gelar Upacara Hari Pahlawan, Semangat Masa Depan Perangi Kemiskinan dan Kebodohan

Upacara dipimpin oleh pekerja Security RU VI, Muziki, sedangkan yang bertindak sebagai pembina upacara yakni Pjs. General Manager PT KPI RU VI Balongan Iwan Kurniawan.

Dalam kesempatan tersebut, Iwan Kurniawan menyampaikan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia peringatan Hari Pahlawan yang bertema ”Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Dibacakan Iwan, tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

Mengingat Indonesia merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, serta kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

Para pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukanlah bangsa pecundang, sebesar apapun ancaman dan tantangan akan dihadapi, dengan tangan mengepal dan dada menggelora.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara. Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945,” tegas Iwan membacakan amanat Mensos.

Melalui peringatan Hari Pahlawan ini, juga diharapkan bisa dijadikan sebagai momen bagi seluruh pekerja di Lingkungan Kilang Pertamina Balongan dalam mempertahankan kemerdekaan melalui upaya menciptakan kemandirian energi untuk Bangsa Indonesia.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli menyampaikan, kehadiran tamu Eksternal seperti dari RSPBL, Polytama dan Disnaker Indaramyu pada upacara ini merupakan cerminan komunikasi dan sinergitas terbangun dengan baik kepada pihak luar perusahaan.

Melalui kegiatan upacara bersama ini, juga diharapkan kedepan bisa terbangun komunikasi maupun kerjasama yang lebih baik lagi sehingga akan sama-sama memberikan kebaikan kepada perusahaan, maupun untuk masyarakat.

Upacara tersebut dilanjutkan dengan pelaksanaan Grand Safety Talk PT KPI RU VI tahun 2023 yang merupakan bagian dari rangkaian KPI Aware El Nino Alert. Adapun setelahnya dilakukan Perlombaan Water Relay dengan melibatkan fungsi-fungsi di RU VI dan tamu undangan eksternal.

Peringatan KPI Aware El Nino Alert sendiri merupakan kolaborasi antar fungsi dalam menumbuhkan kembali kesiapsiagaan menghadapi dampak El Nino di PT KPI. (Dwi F)