Warga Desa Sudimampir Lor Kompak, Bawa Ogoh-ogoh Ramaikan Karnaval Sedekah Bumi

Ogoh-ogoh raksasa dibawa mengelilingi jalan desa

Mandanews.idIndramayu – Semarak pawai karnaval sedekah bumi Desa Sudimampir Lor Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu tahun 2023, berlangsung meriah, Minggu (29/10/2023).

Antusiasme masyarakat semakin membludak, sebanyak 17 RT mengikuti jalannya karnaval ini.

Read more: Warga Desa Sudimampir Lor Kompak, Bawa Ogoh-ogoh Ramaikan Karnaval Sedekah Bumi

Para peserta perwakilan RT masing-masing membawa ogoh-ogoh yang berbentuk aneka ragam dari kuda, tikus, alat pertanian, raksasa yang diarak mengelilingi jalan desa.

Jalannya karnaval tahun ini lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Pasalnya ada dari perwakilan blok gimbal desa Sudimampir ikut partisipasi dalam meramaikan karnaval ini.

Camat Balongan, Opik Hidayat mengatakan pihaknya mendukung kegiatan yang bersifat melestarikan kearifan lokal. Hal ini sesuai dengan arahan Bupati Indramayu, Ninan Agustina bahwa di setiap kegiatan sedekah bumi merupakan adat budaya peninggalan nenek moyang yang harus dilestarikan dan dijaga.

Karnaval di Desa Sudimampir Lor ini sudah berlangsung 2 tahun. Dan di tahun ini antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Seluruh warga masyarakat tumpah ruah menyambut karnaval sedekah bumi ini.

“Animo masyarakat sangat luar biasa. Seluruh lapisan masyarakat turut serta meramaikan kegiatan karnaval Desa Sudimampir Lor tahun 2023,” Opik.

“Sesuai arahan ibu bupati Indramayu, Nina Agustina bahwa kegiatan sedekah bumi ini harus kita lestarikan,” sambungnya.

Sementara, Kuwu Desa Sudimampir Lor, Ade Nanto menuturkan selain langkah untuk melestarikan adat istiadat sedekah bumi. Kegiatan karnaval ini juga dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar warga.

“Langkah ini juga dalam rangka memperkuat jalinan silaturahmi antar warga,” kata Ade.

“Karena momen ini merupakan hal yang ditunggu oleh masyarakat desa,” sambungnya.

Kuwu Ade Nanto mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bekerjasama dalam memajukan desa. Sehingga menjadi lebih maju dan lebih sejahtera dengan mewujudkan Indramayu Bermartabat.

“Mari bersama-sama membangun desa, untuk terciptanya desa yang maju dan mewujudkan Indramayu yang bermartabat,” tukasnya.

Ketua RT 14, Nangita mengatakan seluruh warga masyarakat ikut andil dalam melestarikan adat budaya peninggalan nenek moyang ini. Hal ini sebagai bentuk apresiasi terhadap pemerintahan desa yang mampu merangkul seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu padu dalam kekompakan hingga mampu mewujudkan Desa Sudimampir Lor yang maju.

Diketahui, puncak acara sedekah bumi ini jatuh pada 30 Oktober 2023 esok. Pemerintah desa menghadirkan pertunjukan hiburan Sandiwara Galu Ajeng untuk menghibur masyarakat. (Dwi Fransiska)