Pemdes Majakerta Gelar Sedekah Bumi, Wujud Syukur Atas Panen yang Melimpah

Ratusan tumpeng berjejer di halaman kantor Desa Majakerta, di doakan sebagai bentuk rasa syukur atas panen hasil bumi yang melimpah

Mandanews.idIndramayu – Pemerintah Desa Majakerta Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu gelar sedekah bumi, Sabtu (28/10/2023).

Kegiatan rutin tahunan ini dikemas dengan doa bersama dengan mendoakan para kepala Desa atau kuwu terdahulu yang telah berjasa terhadap Desa Majakerta.

Selain itu, Kuwu juga melakukan santunan kepada anak yatim dan piatu. Ada sebanyak 50 anak yang mendapatkan santunan yang diberikan langsung oleh Kuwu Desa Majakerta, Rendra.

Masyarakat juga diajak makan bersama dengan para aparat pemerintah Desa. Hal ini sebagai wujud syukur atas nikmat yang diberikan atas hasil panen yang berlimpah.

Sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang berlimpah, masyarakat berbondong-bondong membuat tumpeng dan disajikan dengan lauk pauk yang dikumpulkan dihalaman Kantor Desa Majakerta. Hal ini merupakan wujud syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh yang Maha Kuasa.

Untuk menjaga kearifan lokal, pemerintah Desa juga menghadirkan pertunjukan seni dan budaya Sandiwara Darma Saputra dari Plumbon Indramayu untuk menghibur masyarakat.

Kuwu Desa Majakerta, Rendra mengatakan sedekah bumi merupakan wujud syukur masyarakat desa atas hasil panen.

Selain itu, lanjut Rendra di momen ini juga merupakan langkah pemerintah Desa untuk memperat tali silaturahmi dengan masyarakat. Dari semua umur masyarakat tumpah ruah memadati kantor Desa Majakerta.

“Sedekah bumi ini adalah momen penting setiap tahun dalam rangka wujud syukur terhadap hasil panen yang berlimpah. Hal ini juga merupakan langkah kongkret dalam mempersatukan dan mempererat tali silaturahmi antar masyarakat,” kata Rendra.

“Masyarakat tumpah ruah memadati kantor desa dengan membawa tumpeng. Dengan maksud sedekah terhadap bumi yang sudah memberikan nikmat lebih atas panen yang melimpah,” sambungnya.

Hal senada dikatakan Sekretaris Desa Majakerta, Jamroni. Ia mengatakan pihak desa berupaya semaksimal mungkin untuk ada ditengah-tengah masyarakat.

Hal ini juga untuk menjaring aspirasi masyarakat desa secara langsung. Karena momen ini merupakan hal yang ditunggu oleh masyarakat desa.

Jamroni mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bekerjasama dalam memajukan desa. Sehingga Desa Majakerta menjadi lebih maju dan lebih sejahtera dengan mewujudkan Indramayu Bermartabat.

“Mari bersama-sama membangun desa Majakerta, sehingga bisa menjadi desa yang maju dan mewujudkan Indramayu yang bermartabat,” tukas Jamroni. (Dwi Fransiska)