Motivasi Pelajar MAN 2 Garut: Dede Farhan Aulawi Ingatkan Pentingnya Sikap Positif dalam Belajar

Tatkala Sang Motivator Berikan Motivasi Pelajar Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut. (foto/mandanews.id/dok.)


Garut, Mandanews.id – Ratusan pelajar kelas 12 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kabupaten Garut, Jawa Barat, tampak antusias mendengarkan ceramah motivasi dari pemerhati pendidikan sekaligus motivator terkenal, Dede Farhan Aulawi.

Dalam kesempatan tersebut, Dede memberikan dorongan semangat belajar serta mengingatkan pentingnya memiliki sikap positif dalam menjalani proses pendidikan.

“Sumber ilmu saat ini bisa didapatkan dari berbagai sumber, selain buku dan jurnal, juga dari internet. Persoalannya meskipun sumber ilmunya banyak, tetapi kalau minat baca dan minat belajarnya rendah maka keberadaan sumber ilmu tersebut menjadi kurang bermanfaat. Oleh karena itu, memotivasi siswa menjadi bagian yang tak terpisahkan dari proses pendidikan,” ungkap Dede, Jumat (27/09/2024).

Ceramah tersebut turut dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, guru Bimbingan Konseling (BK), serta guru Bahasa Inggris, Ali Nugraha.

Para siswa terlihat termotivasi dan bersemangat untuk lebih giat belajar demi mencapai cita-cita yang diimpikan.

Dalam ceramahnya, Dede tidak hanya memberikan motivasi, tetapi juga membuka wawasan siswa mengenai pentingnya menikmati proses belajar.

Ia menjelaskan bahwa belajar bukanlah beban, melainkan proses yang menyenangkan dan harus dinikmati.

“Seringkali godaan masa remaja dapat melalaikan pelajar jika mereka salah dalam memilih jalan,” tegasnya.

Dede juga berbagi kiat sukses belajar yang dikemas dalam bahasa sederhana agar mudah dipahami oleh para siswa.

Selain itu, ia menekankan pentingnya menjauhi penyalahgunaan narkoba, mengelola waktu secara produktif, serta disiplin dalam beribadah.

“Seindah apapun istana harapan berupa cita-cita yang luhur, akan mudah lenyap dan sirna jika tergoda penyalahgunaan narkoba. Jangan sia-siakan waktu terbuang dengan percuma. Bangkit dan tetap semangat, apapun kesulitan dan hambatan datang menghadang,” tutup Dede dengan penuh semangat.

Para siswa pun tampak semakin bersemangat untuk menggapai masa depan mereka, dengan motivasi yang diperoleh dari ceramah tersebut. (Dwi/red)