Tiga Pasang Cakada Menjalani Pemeriksaan Kesehatan Di RSU Gunung Jati

Cirebon, Mandanews.id – Tiga pasangan Calon Kepala Daerah (Cakada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon sedang menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum (RSU) Gunung Jati, Kota Cirebon, sesuai jadwal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kota Cirebon, Sabtu (31/8/2024).

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan bagian penting dari tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cirebon 2024, yang dijadwalkan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang.

Ketua KPU Kota Cirebon, Mardeko, menyatakan bahwa pemeriksaan kali ini mencakup kesehatan jasmani dan rohani dari ketiga paslon, yaitu Effendi Edo-Siti Farida Rosmawati, Eti Herawati-Suhendrik, dan Dani Mardani-Fitria Pamungkaswati.

“Hari Sabtu ini, ketiga paslon menjalani pemeriksaan setelah berkas mereka dinyatakan lengkap oleh KPU,” kata Mardeko, saat jumpa pers di sela-sela acara pemeriksaan paslon pada Sabtu (31/8/2024).

RSU Gunung Jati dipilih sebagai tempat pemeriksaan karena memiliki fasilitas lengkap sesuai standar yang ditetapkan.

“Kami bekerja sama dengan RSU Gunung Jati Cirebon berdasarkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan setelah menilai kelengkapan alat yang ada,” jelasnya.

Pemeriksaan berlangsung dua hari, dimulai Sabtu pagi pukul 06.30 WIB hingga 17.00 WIB untuk jasmani, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan rohani pada Minggu dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

“Pemeriksaan ini mencakup jasmani dan rohani, jadi butuh dua hari,” tambah Mardeko.

Mardeko menegaskan bahwa hasil pemeriksaan bersifat rahasia dan hanya akan digunakan KPU untuk menentukan kelayakan paslon.

“Hasilnya tidak akan dipublikasikan, hanya diumumkan apakah paslon memenuhi syarat atau tidak,” tegasnya.

Setelah pemeriksaan kesehatan, KPU akan melanjutkan verifikasi faktual berkas.

“Bagi paslon yang belum memenuhi syarat, mereka harus segera melengkapi berkas,” kata Mardeko.

Sementara itu, Direktur Utama RSU Gunung Jati, dr. Katibi, menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan ini meliputi 12 jenis, termasuk USG, Rontgen Thorax, tes bebas narkoba, MRI, EKG, dan lainnya.

“Kami berkomitmen memberikan pemeriksaan yang komprehensif dan akurat,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi, ikut meninjau langsung pemeriksaan ketiga paslon di RSU Gunung Jati untuk memastikan pemeriksaan berjalan lancar bagi ketiga paslon Pilkada. (Yus)