STIDKI NU Indramayu Gelar Pengajian Umum untuk Peringati HUT ke-79 RI


Indramayu, Mandanews.id – Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam Nahdlatul Ulama (STIDKI NU) Indramayu menyelenggarakan pengajian umum dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia pada Rabu malam (14/8/2024).

Acara ini berlangsung di Sport Centre Indramayu dan dihadiri oleh berbagai tokoh agama serta masyarakat setempat.

Acara tersebut dibuka dengan penampilan hadroh dari Al Fatah Desa Manggungan Kecamatan Terisi dan Hadroh Kubah Ireng Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang.

Selain memperingati kemerdekaan, pengajian ini juga sekaligus memperingati haul ketiga (1.000 hari) wafatnya Hj. Idah Choirijah binti H. Masyuri.

Bupati Indramayu, Nina Agustina, yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Jajang Sudrajat, menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat hadir secara langsung akibat agenda di luar kota.

Dalam sambutannya, Jajang menekankan pentingnya kegiatan dakwah sebagai bagian dari peringatan kemerdekaan untuk memperkuat nilai-nilai keislaman dan silaturahmi yang mengokohkan kebangsaan serta sosial kemasyarakatan.

Ketua pelaksana acara, Tardi Hendriana, mengungkapkan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah dinikmati Indonesia selama 79 tahun dan mengajak seluruh masyarakat untuk tetap bangga terhadap negara, serta menjaga persatuan dan kesatuan.

Salah satu tokoh masyarakat, Syaefudin Juhri, juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Indramayu dan para jamaah yang hadir.

Ia menekankan bahwa kemerdekaan bukan hanya dalam hal fisik, tetapi juga dalam berfikir, berpendapat, dan mengatasi kemiskinan.

Dalam ceramahnya, Gus Muwafiq menyoroti pentingnya memahami bahwa manusia akan kembali ke asalnya setelah menjalani hidup di dunia sebagai khalifah.

Ia menekankan bahwa manusia diciptakan untuk beribadah dan tidak boleh sombong karena pada akhirnya semua akan kembali kepada Allah.

Acara pengajian ini dihadiri oleh berbagai elemen, termasuk Forkopimda, SKPD, Camat, Forkopimcam, serta organisasi-organisasi Islam seperti PCNU Indramayu, GP Ansor, dan Fatayat NU. (Dwi/Zidan)