Polindra Torehkan Prestasi Gemilang, Raih Juara 1 Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional

Ajang bergengsi KMIPN tahun 2024 ini digelar pada 1-3 Juli 2024 di Politeknik Negeri Jakarta. (foto/mandanews.id/dok.)

Indramayu, Mandanews.id – Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) menorehkan prestasi gemilang dengan meraih Juara 1 pada Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) VI 2024 di Jakarta.

Ajang bergengsi KMIPN tahun 2024 ini digelar pada 1-3 Juli 2024 di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), diikuti oleh sekitar 40 kampus Politeknik se-Indonesia, baik negeri maupun swasta.

Tujuan utama KMIPN adalah untuk meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan vokasi di bidang informatika, membangun jejaring kerja sama antar institusi vokasi, serta mempersiapkan mahasiswa vokasi menghadapi tren informatika masa depan.

Direktur Polindra melalui dosen pembimbing Teknik Informatika Polindra, Rendi M.Kom., mengungkapkan bahwa sesuai dengan tema KMIPN VI tahun 2024, yakni “Inovasi Vokasi untuk Tren Informatika Masa Depan,” Polindra mengirimkan delegasi dengan membentuk Tim Hoax Chaser, yang terdiri dari Dzkiri Faza Hauna Kusnadi, Rico Taffarel Andi, dan Defa Nugraha, ketiganya adalah mahasiswa D4 RPL.

“Alhamdulillah, tim Hoax Chaser dari Polindra dapat membawa kembali medali emas dalam kategori Hackathon dengan mengalahkan 15 finalis lainnya,” ujar Rendi dengan bangga.

Rendi menjelaskan bahwa kategori Hackathon merupakan ajang pengembangan aplikasi dalam waktu tertentu, di mana mahasiswa Polindra berhasil menciptakan aplikasi untuk mencari kebenaran berita dan melawan informasi palsu dengan memanfaatkan teknologi machine learning.

“Kemenangan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi tim kami karena Polindra dalam ajang ini, terutama dalam kategori Hackathon, selalu menjadi pusat perhatian,” jelas Rendi.

Polindra sebelumnya juga meraih medali emas pada ajang KMIPN III dan IV. Namun, pada KMIPN V, tim Polindra hanya mampu menjadi juara harapan. Tahun ini, medali emas berhasil direbut kembali oleh Polindra.

“Alhamdulillah, tahun ini tim Hoax Chaser berhasil membawa kembali kejayaan Polindra,” pungkas Rendi. (Dwi)