Rutinan Doa Bersama di Desa Sudimampir Lor, Harmoni dan Persatuan untuk Indramayu Bermartabat

Kuwu Sudimampir Lor dan Camat Balongan Bersatu dalam Doa untuk Indramayu yang Bermartabat. (foto/mandanews.id/dwi)

Indramayu, Mandanews.id – Malam Jum’at (13/06/2024) di Balai Desa Sudimampir Lor, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, suasana hening berubah penuh kekhusyukan ketika warga berkumpul untuk mengikuti tahlilan (doa bersama) yang dipimpin oleh tokoh agama setempat. Acara dimulai tepat pukul 21.00 WIB dan berlangsung hingga selesai.

Acara doa bersama yang rutin diadakan setiap malam Jumat ini bukan sekadar tradisi, tetapi juga bentuk penghormatan kepada para arwah leluhur yang telah tiada.

Selain itu, kegiatan ini menjadi media perekat silaturahmi antar warga, menciptakan keharmonisan dan persatuan di tengah masyarakat.

Camat Balongan, Opik Hidayat, yang turut hadir dalam acara ini, menyampaikan rasa syukur atas pelaksanaan doa bersama tersebut.

“Alhamdulillah, dengan adanya rutinan doa bersama (tahlilan) ini, kita dapat terus mendekatkan diri antar sesama dan menjalin kerukunan di masyarakat. Kami berkomitmen untuk terus merutinkan kegiatan ini setiap malam Jumat di 10 desa yang ada di Kecamatan Balongan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Opik menambahkan bahwa doa bersama ini juga ditujukan untuk mendoakan Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina, agar selalu diberikan kesehatan dan keselamatan.

“Kami juga mendoakan agar Indramayu selalu bermartabat,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, kesempatan tersebut juga dimanfaatkan oleh Opik untuk berdiskusi dan mendengarkan aspirasi warga setempat.

“Alhamdulillah, selain doa bersama, saya juga menyempatkan waktu untuk ngobrol santai dengan warga, mendengar masukan mereka demi kesuksesan program-program Ibu Bupati Hj. Nina Agustina,” lanjut Opik.

Kuwu Sudimampir Lor, Ade Nanto, juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang selalu antusias hadir dalam doa bersama setiap malam Jumat.

“Alhamdulillah, malam ini kita juga dihadiri oleh Pak Camat dan staf kecamatan Balongan. Kami sangat berterima kasih atas partisipasinya,” ucap Ade.

Ade Nanto menambahkan, “Kami, Pemdes Sudimampir Lor, mengucapkan terima kasih kepada Camat Balongan dan staf yang sudah meluangkan waktunya serta kepada Ibu Bupati Hj. Nina Agustina Semoga beliau selalu diberikan kesehatan dan keselamatan untuk menuju Indramayu yang bermartabat (Bersih, Religius, Makmur, Adil, dan Hebat) serta semakin berprestasi,” ungkapnya.

Dengan rutinitas doa bersama ini, Desa Sudimampir Lor dan seluruh masyarakat Kecamatan Balongan berharap dapat terus menjaga keharmonisan dan memperkuat rasa kebersamaan, demi tercapainya Indramayu yang lebih baik dan bermartabat. (Dwi)