Persiapan Matang: Embarkasi Indramayu Siap Tampung 13.050 Jemaah Calon Haji untuk Ibadah Haji 2024

Embarkasi Haji Indramayu. (foto/mandanews.id/zidan)

Indramayu, Mandanews.id – Embarkasi Indramayu, Jawa Barat, menjadi pusat kegiatan bersejarah bagi 13.050 jemaah calon haji, yang siap melaksanakan Ibadah Haji 2024.

Dalam persiapan menyeluruh, Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat telah mempersiapkan dua tower di Asrama Haji Indramayu untuk menampung jemaah calon haji.

Menurut Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jawa Barat, Boy Hari Novian, sarana dan prasarana telah dipersiapkan dengan matang.

“Kami telah menyiapkan dua tower di Asrama Haji Indramayu untuk menampung 440 orang dalam satu kloter, serta menyediakan fasilitas klinik dan air yang memadai,” ungkapnya.

Tahun ini, terjadi peningkatan jumlah jemaah calon haji dari Jawa Barat, dengan total 30 kloter.

“Ada tambahan lima kloter dibandingkan tahun sebelumnya, khususnya dari Kabupaten Bandung dan Kota Bandung,” jelas Boy.

Pihak Kemenag Jabar juga memberikan perhatian khusus kepada jemaah lansia dengan menyediakan fasilitas ekstra.

“Kami memberikan kamar di lantai satu dan menyediakan lift untuk mempermudah akses para jemaah lansia,” tambahnya.

Dalam upaya optimalisasi pelayanan, setiap kamar akan diisi oleh empat orang jemaah, dengan total 104 kamar yang disediakan.

Pemberangkatan pertama jemaah calon haji dari Embarkasi Indramayu dijadwalkan pada Sabtu (11/5/2024), yang akan diteruskan dengan keberangkatan menuju Saudi Arabia melalui Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, pada hari Minggu (12/5/2024). (Dwi/Zidan)