Pameran dan Lomba Domba Indramayu: Merangkul Keunggulan Bibit dan Kesejahteraan Peternak Menuju Kemuliaan Indramayu


Indramayu, Mandanews.id – Di Indramayu, semangat ketahanan pangan menjadi nyala api yang membara.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu, bersama Pemerintah Kabupaten, mempersembahkan Pameran dan Lomba Domba Kabupaten Indramayu Tahun 2024 dengan tema yang menggugah: “Bibit Berkualitas, Peternak Sejahtera, Indramayu Bermartabat”.

Panggung megah Sport Center Indramayu menjadi saksi pada Minggu (12/5/2024).

Momen ini adalah dukungan tulus Pemerintah Kabupaten Indramayu bagi para peternak, membangkitkan semangat untuk merangkul budidaya ternak, khususnya kambing dan domba, dalam hati masyarakat.

Agung Suganda, sang Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak dari Kementerian Pertanian RI, mengisyaratkan bahwa perhelatan ini adalah panggilan bagi peternak Indramayu.

“Semoga Pameran dan Lomba Tahun 2024 ini menjadi nyala semangat baru bagi para peternak. Mari kita bangkit bersama, memuliakan Indramayu yang melimpah potensi,” ujarnya penuh semangat.

Sementara itu, Bupati Indramayu melalui Sekretaris Daerah, Aep Surahman, mengungkapkan betapa istimewanya momen ini sebagai debut bagi “Pameran dan Lomba Domba Tahun 2024” di Indramayu.

Sebagai wujud rasa syukur, acara ini menjadi ajang kebersamaan antara peternak dengan para pemangku kepentingan.

Bupati Indramayu berharap, kegiatan ini akan menumbuhkan semangat inovatif dan kreatif dalam mengelola ternak, sekaligus meningkatkan kesejahteraan peternak di Indramayu.

“Kerja sama, sinergi, kreativitas, dan inovasi adalah kunci keberhasilan kita. Mari bersama kita bangun Indramayu yang lebih bermartabat,” tegasnya.

Plt. Kepala DKPP Indramayu, Sugeng Heriyanto, menjelaskan bahwa pameran ini bukan sekadar arena persaingan, tetapi juga sebagai tempat bertemunya para peternak.

Lebih dari 400 peserta dari Indramayu dan Jawa Barat, terbagi dalam dua kategori: umum dengan 154 peserta dari seluruh Jawa Barat, dan lokal dengan 91 peserta dari 31 Kecamatan di Indramayu.

Sementara itu, pada Pameran Peternakan, terdapat 151 peserta.

Di antara gemerlap acara, terdapat Talk Show Peternakan yang membagikan rahasia sukses dalam agrobisnis peternakan, strategi efektif dalam beternak kambing dan domba, serta manajemen kesehatan hewan.

Pameran Peternakan juga memamerkan potensi besar peternakan, sarana produksi, hasil pertanian dan peternakan dari kabupaten Indramayu, serta beragam jenis domba dan kambing lokal yang memukau. (Dwi F)