Cegah Stunting, Kapolres Cirebon Kota Gelar Bakti Kesehatan di Gunung Jati

Mandanews.id, Cirebon – Kapolres Cirebon Kota AKBP Muhammad Rano Hadiyanto memimpin kegiatan bakti kesehatan dalam rangka pencegahan stunting di Kecamatan Gunung Jati pada Senin, 20 Mei 2024.

Acara ini merupakan bagian dari upaya Polres Cirebon Kota untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan mencegah masalah gizi buruk yang dapat menyebabkan stunting pada anak-anak.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting dari Polres Cirebon Kota dan Polsek Gunung Jati, serta masyarakat setempat. Di antara pejabat yang hadir adalah Kapolsek Gunung Jati AKP Muchammad Qomaruddin, Kasat Lantas Polres Cirebon Kota AKP Ngadiman, Kasat Narkoba AKP Ma’ruf Murdiyanto, Kasi Propam AKP Sukirno, Kasat Sabhara AKP Endoy Sahru, Kasi Dokes IPTU H. Jarnadi, dr. Maya Susan dari Tim Mitra/Sidokkes, serta para Kanit Polsek Gunung Jati.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Muhammad Rano Hadiyanto, menyampaikan terima kasihnya kepada warga Kecamatan Gunung Jati atas sambutan hangat yang diberikan. Ia menekankan pentingnya perhatian terhadap jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk mencegah stunting dan gizi buruk.

“Kami dari Polres Cirebon Kota dan Polsek Gunung Jati menghimbau kepada ibu-ibu dan bapak-bapak agar memperhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi agar terhindar dari penyakit. Diharapkan kepada ibu dan bapak mengawasi anak-anaknya jika jajan di luar,” ujar Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga menyoroti pentingnya program pemerintah dalam pencegahan stunting dan mengapresiasi kerja sama baik antara masyarakat Gunung Jati dan kepolisian yang telah menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.

“Jaga anak-anak bapak dan ibu-ibu yang sekarang marak dengan konten membawa senjata tajam. Alhamdulillah, berkat kerja sama yang baik dengan masyarakat Gunung Jati, situasi tetap kondusif,” lanjutnya.

dr. Maya Susan, dari tim medis, juga memberikan penjelasan mengenai pentingnya menjaga asupan gizi dan makanan sehat untuk mencegah stunting.

“Stunting adalah kondisi tubuh anak berperawakan pendek yang tidak sesuai dengan usianya. Penyebabnya antara lain berat badan lahir rendah, sering sakit, dan gizi buruk. Kita harus menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna, dan menghindari pemberian susu kental manis kepada anak-anak,” jelas dr. Maya.

Kegiatan bakti kesehatan ini mencakup pemeriksaan medis, pemberian obat-obatan dan vitamin, serta pemberian tali asih berupa 60 paket sembako kepada para lansia dan warga yang membutuhkan.

Kapolsek Gunung Jati, AKP Muchammad Qomaruddin, menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pencegahan stunting dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Gunung Jati.

“Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat nyata bagi masyarakat, khususnya dalam mencegah stunting dan meningkatkan kesehatan anak-anak,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan bakti kesehatan ini, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan asupan gizi yang baik untuk mencegah stunting.

Upaya bersama antara kepolisian dan masyarakat diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan kondusif bagi pertumbuhan anak-anak di Kecamatan Gunung Jati. ()