Tingkatkan SDM Satlinmas, Pekon Sukoharjo III Gelar Pelatihan

Pringsewu, Mandanews.id – Pekon Sukoharjo III mengadakan pemberdayaan peningkatan kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Kamis (07/03/2024). Giat yang melibatkan 20 orang Satlinmas tersebut dilakukan di aula kantor pekon setempat.

Kepala Pekon Sukoharjo III, Purkowo, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan program pekon yang bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia dari Satlinmas.

“Diantara tugas pokok dan fungsi Satuan Linmas kan mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Satlinmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah pekon,” ujar Purwoko belum lama ini

Dilanjutkan Purwoko, Satlinmas juga memiliki peran vital dalam Pilkada serentak tahun 2024, khususnya dalam membantu penanganan ketentraman, ketertiban umum dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu 2024.

“Bahwa dalam tahapan Pilkada, peningkatan pemanfaatan SDM harus sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta sesuai dengan Permendagri 10/2009 dan Permendagri 11 tahun 2023, tentang sarana dan prasarana Satlinmas,” imbuh Purwoko

Tampak hadir dalam acara tersebut Purwoko selaku Kepala Pekon Sukoharjo III, Ridho selaku Bhabinkamtibmas, Wahyudi selaku Babinsa Pekon Sukoharjo III, dan juga Rizal Mustofa selaku Pendamping Desa. (Arif)