Sebagai Upaya Pendekatan Pelayanan kepada Masyarakat, Samsat Indramayu Selenggarakan Samsat Ngabuburit

Samsat Indramayu jemput bola dengan program Samsat Ngabuburit. (foto/mandanews.id/riyan)

Indramayu, Mandanews.id – Sebagai upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat, Samsat Indramayu I menyelenggarakan Samsat Ngabuburit dan pembagian Takjil selama Ramadhan 2024. Pelaksanaan kegiatan dilakukan tiga kali dalam sepekan, yakni setiap Senin, Selasa, dan Rabu.

Masyarakatpun terlihat cukup antusias dengan adanya kegiatan tersebut. Selain melakukan kebaikan di bulan suci, kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah berkah saat Ramadhan.

Kepala P3DW Indramayu, Adang Surahmin mengatakan, dalam kegiatan Samsat Ngabuburit dan pembagian takjil juga memberikan souvenir bagi wajib pajak yang melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di bulan Ramadhan.

“Ini kami lakukan sebagai bentuk mendekatkan pelayanan pajak kendaraan bermotor kepada masyarakat, serta sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat juga merupakan kegiatan yang membentuk dan mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat,” kata dia, Rabu (3/4/2024).

Adang menerangkan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas Tim Pembina Samsat Indramayu dalam melayani masyarakat wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Samsat Indramayu tidak hanya melaksanakan layanan di bulan Ramadhan tetapi dibulan lainnya juga menyelenggarakan layanan diluar jam kerja seperti layanan Samsat Extra, Samsat In House serta Samsat Weekend yang tujuannya untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Hal ini terbukti dengan bertambahnya capaian pendapatan terutama pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada kegiatan Layanan Samsat Ngabuburit serta adanya sosialisasi serta edukasi Pajak Daerah terutama Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) kepada masyarakat.

“Samsat Ngabuburit di bulan Ramadhan telah dimulai dalam 2 pekan dan berlangsung selama delapan kali layanan, dengan lokasi layanan berada di tiga titik yaitu di Terminal Indramayu, Mess Samsat Indramayu, dan alun-alun Kabupaten Indramayu dimulai pukul 15.30 WIB sampai dengan pukul 17.30 WIB dan telah menghasilkan pendapatan sebesar Rp241.939.100, dengan rincian KBM sebanyak 272 KBM (R2) dan 59 KBM (R4),” terang dia.

Adang berharap, pada bulan suci Ramadhan ini dapat terus melakukan kebaikan yang bermanfaat bagi masyarakat dan tidak lupa mengimbau kepada masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas dan tertib membayar pajak kendaraannya setiap tahun serta menjadi masyarakat yang taat pajak. (Riyan/Dwi)