TAGANA Indramayu Gelar Rakor, Kesigapan Anggota Jadi Kunci Dalam Tangani Berbagai Peristiwa Bencana

Rakor Tagana Indramayu dalam optimalkan program kerja tahun 2024. (foto/mandanews.id/beni)

Indramayu, Mandanews.id – Pengurus dan anggota Taruna Siaga Bencana atau TAGANA Kabupaten Indramayu gelar rapat koordinasi.

Rakor tersebut dihadiri, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Kabupaten Indramayu, Hj. Tati Hartati serta Pekerja Sosial Ahli Muda Dinsos Indramayu, Dicki Kurniawan, S.E dan Ketua TAGANA Kabupaten Indramayu, Zaenal Abidin.

Kepala Bidang Linjamsos Dinas Sosial Kabupaten Indramayu mengatakan pihaknya berterima kasih atas peran serta Tagana yang telah menangani berbagai peristiwa bencana khususnya di Kabupaten Indramayu.

“Terima kasih atas peran serta Tagana dalam menangani berbagai peristiwa bencana di lokasi yang sering terjadi dalam berbagai bentuk penanganan bencana mengingat wilayah kabupaten Indramayu rawan bencana alam dan bencana sosial,” kata Hj. Tati, Jum’at (08/03/2024).

Ia mengatakan pihaknya juga siap mendukung semua keperluan program Tagana Indramayu. Dengan catatan harus ditempuh dengan mekanisme yang berlaku.

“Dinas Sosial juga siap untuk memfasilitasi usulan program dan kegiatan Tagana Kabupaten kabupaten Indramayu sesuai mekanisme dan peraturan yang ada di masa mendatang. Akan tetapi harus menyesuaikan dengan kebijakan dan kemampuan daerah,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Tagana Kabupaten Indramayu, Zaenal Abidin menuturkan informasi tentang program dan kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2024 yaitu kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS), penguatan kapasitas bagi anggota Tagana dan penanganan bencana alam dan sosial di kabupaten Indramayu.

Zaenal Abidin berpesan kepada anggota Tagana Kabupaten Indramayu untuk meningkatkan kinerja.

“Di ingatkan juga kepada seluruh anggota Tagana untuk selalu berdisiplin dan meningkatkan kinerja. Karena mulai Tahun 2024 ini verivikasi keanggotaan Tagana akan lebih dioptimalkan lagi,” tutup Zaenal Abidin. (Beni S)