Alun-alun Indramayu Riuh Warga, Ternyata Ada Puspawangi Mini Fest

Lestarikan Seni-Budaya, Pemkab Indramayu Gelar Puspawangi Mini Fest. (foto/mandanews.id/zidan)

Indramayu, Mandanews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu, Jawa Barat, menggelar festival budaya, di area Alun-alun Puspawangi, Jumat (1/3/2024) malam.

Festival tersebut digelar untuk menjaga kelestarian seni dan budaya yang ada di daerah yang dijuluki kota Mangga itu.

Dalam festival yang bertajuk Puspawangi Mini Fest Indramayu ini, berbagai pagelaran seni ditampilkan, seperti seni musik, seni angklung, tari topeng, fashion show busana dari berbagai wilayah di Indramayu, hingga berokan.

Meski diguyur hujan, riuh warga terlihat saat kesenian berokan ditampilkan dihadapan ratusan warga Indramayu.

Pasalnya, berokan merupakan kesenian tradisional yang menggunakan alat utama berupa semacam topeng berbentuk kepala binatang, yang merupakan kesenian khas dari wilayah Pantura Jawa Barat.

Bupati Indramayu, Nina Agustina mengatakan, acara tersebut digelar untuk menjaga kelestarian seni dan budaya di Indramayu.

“Acara ini salah satunya untuk menjaga kelestarian seni dan budaya Pantura khususnya di Indramayu,” kata dia.

Nina menyampaikan, acara tersebut menampilkan berbagai kesenian yang ada di Indramayu. “Ada baju adat pengantin dari Indramayu, gedogan (tenun), ada tari topeng, ada berokan juga,” ujar dia.

Rencananya, Pemkab Indramayu akan membuat event lainnya untuk menampung kreativitas warga Indramayu.

“Kedepannya kita akan membuat event-event yang lebih baik lagi, agar masyarakat senang, bisa mengapresiasi kreativitas,” ucap dia. (Zidan/Dwi)