Masyarakat Harus Bijak Dalam Suasana Perbedaan Pilihan Politik Pemilu, Untuk Jaga Kerukunan

Mandanews.id – Bandung – Wakil rektor bidang kemahasiswaan Universitas Kebangsaan Republik Indonesia, Suheri, S.sos,.M.Ikom menegaskan pentingnya menjaga kerukunan di tengah perbedaan pilihan politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal itu diungkapkan dalam pernyataan resminya, Senin (12/2/2024). Dia berpesan seluruh civitas akademika UKRI Bandung dan masyarakat Indonesia untuk bersikap bijak dan berintegritas.

Pertama, wakil rektor bidang kemahasiswaan Universitas Kebangsaan Republik Indonesia Bandung mengimbau agar masyarakat menjadi bagian dari proses demokrasi yang beradab dan bermartabat.

Ia mendorong penggunaan hak pilih dengan hati nurani dan keyakinan kuat pada Rabu, 14 Februari 2024, tanpa tekanan atau bujukan dari pihak manapun.

Kedua, Ia menekankan pentingnya mengedepankan kerukunan, toleransi, dan persaudaraan di antara warga negara, terlepas dari perbedaan pilihan politik, keagamaan, suku, atau golongan, sejalan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Pihaknya juga meminta masyarakat untuk menyikapi informasi tentang Pemilu 2024 dengan sikap bijak, nalar kritis, dan bertanggung jawab.

Ia mengingatkan agar tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu fitnah, informasi palsu, atau ujaran kebencian, serta selalu memverifikasi kebenaran dan sumber informasi sebelum menyebarkannya.

Terakhir, Suheri mengingatkan agar semua pihak turut serta menjaga stabilitas, keamanan, dan persatuan bangsa pasca Pemilu 2024.

Ia menyerukan untuk tidak terlibat dalam aksi-aksi yang dapat memecah belah atau mengancam kedaulatan negara.

Dengan imbauan ini, Suheri berharap Pemilu 2024 dapat berjalan lancar, damai, dan Allah SWT senantiasa melindungi serta memberkahi civitas akademika, Semua pihak diharapkan dapat menjalani proses demokrasi dengan penuh tanggung jawab dan rasa persaudaraan. (Red)