Gelar Apel Pasukan Pengamanan Pemilu, Kapolres Indramayu: Sejumlah TPS di Indramayu Rawan Bencana

Polres Indramayu laksanakan apel pasukan personel pengamanan TPS Pemilu 2024. (foto/mandanews.id/riyan)

Indramayu, Mandanews.id – Polres Indramayu menggelar Apel Pergeseran Pasukan Personel Pengamanan TPS Pemilu 2024, di Mapolres Setempat, Senin (12/4/2024).

Apel yang dihadiri oleh Jajaran Forkopimda Kabupaten Indramayu itu diikuti oleh ratusan personel gabungan yang akan ditugaskan di 5.316 tempat pemungutan suara (TPS) wilayah Kabupaten Indramayu.

“Anggota polri yang digelar total ada sebanyak 834 personel, itu juga sudah ditambah dengan BKO dari Polda Jabar dan juga ada BKO dari satbrimob Polda Jabar satu SSK,” ujar Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar, usai kegiatan apel.

Selain personel Polri, Fahri menyampaikan, pengamanan selama Pemilu 2024 akan diperkuat oleh sejumlah anggota dari TNI, Satpol PP, Dishub, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Indramayu.

“Kami juga mendapatkan kekuatan tambahan untuk pengamanan dari Arhanud sebanyak 80 personel dan juga dari kodim sebayak 203 personel. Tentunya kami juga dibantu oleh Satpol PP, Dishub, dan SKPD lainnya,” terang Kapolres Indramayu.

Di sisi lain, Fahri menyebut, dari total 5.316 TPS yang ada di Indramayu itu, terdapat sejumlah TPS yang rawan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Menurutnya, jika terjadi bencana alam, akses menuju lokasi TPS akan terputus.

“Ada beberapa daerah yang TPS nya rawan bencana banjir, seperti di Desa Kertamulya Kecamatan Bongas dan Desa Cikawung Kecamatan Terisi yang juga lokasinya ada di pojok perbatasan dengan Sumedang. Apabila ada luapan banjir, maka akan menutup akses menuju lokasinya,” kata Fahri.

Selain itu, Fahri menuturkan, terdapat sejumlah TPS yang menjadi titik fokus pengamanan, yakni di kawasan Eretan Wetan yang sering diterjang banjir Rob.

“Ada beberapa TPS di Eretan yang pada saat kurun waktu tertentu akan ada banjir Rob, ini sudah kita klasifikasikan, kita juga sudah siap untuk mengatasi penanggulangannya bekerjasama dengan BPBD dan juga dengan stakeholder terkait,” tutur Kapolres Indramayu. (Riyan/Dwi)