Bhakti BUMDes Jaya Makmur Kedungdawa Untuk Masyarakat, Gelar Khitanan Massal

Anak-anak peserta khitanan massal. (foto/mandanews.id/dwi)

Indramayu, Mandanews.id – Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes Jaya Makmur Desa Kedungdawa Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat terus alami kemajuan.

Ditangan Anung Nurudin, S.H kemajuan pengelolaan BUMDes Jaya Makmur Kedungdawa semakin terlihat.

Hari demi hari capaian kesuksesan tersebut muncul secara signifikan.
Sosok Anung Nurudin sendiri dikenal masyarakat sebagai orang yang mudah bergaul, bertanggung jawab serta memiliki kemampuan manajemen yang bagus.

Hal ini dibuktikan dengan kemampuan Anung Nurudin yang mampu memimpin BUMDes Jaya Makmur Kedungdawa.

Anung mampu membawa nama baik BUMDes tersebut dimata masyarakat di bidang sosial maupun perekonomian.

Peduli dengan kesenjangan sosial, BUMDEs Jaya Makmur bersama Yayasan Al-Kautsar Afsiyah menggelar bhakti sosial khitanan massal.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan pelayanan sunatan massal gratis bagi anak-anak dari keluarga yang kurang mampu.

“Kita doakan kepada seluruh anak-anak yang hari ini di sunat, semoga menjadi anak yang sholeh. Dan dikemudian hari bisa menjadi anak-anak yang berguna bagi nusa dan bangsa,” jelas Anung Nurudin, S.H Ketua BUMDEs Jaya Makmur, Desa Kedungdawa, Kamis (08/02/2024) pada saat acara sunatan massal berlangsung.

Hal senada dikatakan Pengasuh Mushola Al-Kautsar, Ustadz Ahmad Kardisah. Ia mengatakan sunatan massal ini juga dilakukan dalam rangka peringati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan untuk berbagi keberkahan dan kebahagiaan.

“Kegiatan bhakti sosial ini dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1445 H,” kata Pengasuh Mushola Al-Kautsar, Ustadz Ahmad Kardisah.

“Alhamdulillah, kami bisa berbagi kebahagiaan dengan mengadakan kegiatan sosial sunatan massal,” sambungnya.

“Antusias masyarakat cukup besar dalam kegiatan bhakti sosial sunatan massal ini. Ada sebanyak 12 anak yang disunat,” imbuh Ustadz Ahmad Kardisah.

Selain itu, BUMDes Jaya Makmur bersama BPJS Ketenagakerjaan menyalurkan klaim JKM sebesar Rp 42 juta kepada salah satu warga Desa Kedungdawa yang meninggal dunia.

BUMDes Jaya makmur juga memfasilitasi masyarakat yang menggunakan BPJS Ketenagakerjaan dalam hal ini mendampingi proses klaim program JKM atau jaminan kematian yang dikeluarkan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

“Alhamdulillah, santunan kematian almarhumah Ruminah dari BPJS Ketenagakerjaan sudah masuk ke rekening ahli waris sebesar Rp 42 juta,” kata Anung.

Anung mengatakan masyarakat tersebut merupakan penduduk RT 02 / RW 01 Desa Kedungdawa Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu.

“Semoga bhakti BUMDes ini bisa bermanfaat bagi ahli waris,” pungkas Anung.

Salah satu ahli waris keluarga, Reno Jayusman menceritakan kebahagiaannya dengan melakukan sujud syukur ketika mendapatkan kabar santunan kematian ibunya tersebut sudah masuk ke rekening.

Ahli waris merasa sangat terbantu, terlebih kepergian ibunya yang menyusul ayah tercinta yang sudah terlebih dahulu di panggil yang Maha Kuasa merupakan kenyataan pahit yang harus di hadapi.

“Alhamdulillah, kami sebagai ahli waris sangat terbantu atas klaim santunan dari BPJS Ketenagakerjaan. Uang ini sangat bermanfaat bagi kami,” ungkap Reno.

Kepala Desa Kedungdawa, Sutisno mengajak kepada semua warganya untuk ikut kepesertaan dan mendaftarkan diri dalam BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat Desa Kedungdawa untuk daftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata Sutisno.

“Agar manfaat program BPJS Ketenagakerjaan bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat dikemudian hari,” sambung Kuwu Kedungdawa.

Jaminan Kematian, atau JKM, adalah manfaat uang tunai yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris ketika peserta meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja.

Menurut UU No. 40 tahun 2004, program BPJS Ketenagakerjaan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan santunan kematian kepada ahli waris dan supaya ahli waris dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak ketika peserta meninggal dunia

Melalui BUMDes Jaya Makmur, Anung Nurudin mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan perekonomian serta bekerja sama dalam mewujudkan program yang diberikan oleh Bupati Indramayu, Nina Agustina dengan slogan Indramayu Bermartabat.

“Mari bergotong royong memajukan perekonomian di desa melalui BUMDes. Sehingga mampu mewujudkan Indramayu yang Bermartabat,” pungkasnya.
(Dwi)