Warga Desa Pabean Udik Peringati Adat Sedekah Bumi, Tontonan Jadikan Tuntunan

Ratusan warga memadati halaman kantor balai Desa Pabean Udik dalam peringatan adat sedekah bumi. (foto/Mandanews.id/Dwi F)

Mandanews.idIndramayu – Pemerintah Desa Pabean Udik Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu menggelar adat desa yakni sedekah bumi, Kamis (30/11/2023).

Adat Desa Sedekah Bumi merupakan Aset Budaya yang terus dilestarikan oleh masyarakat kabupaten Indramayu yang pelaksanaanya dilaksanakan pada menjelang musim tanam.

Read more: Warga Desa Pabean Udik Peringati Adat Sedekah Bumi, Tontonan Jadikan Tuntunan

Acara tersebut dimulai doa bersama bersama seluruh lapisan masyarakat desa. Kegiatan ini juga menyuguhkan Pagelaran Wayang kulit Langen Kusuma Putra dari desa Lohbener Celeng.

Kuwu Desa Pabean Udik Samsul Ma’arif mengatakan acara adat Desa sedekah bumi ini dilakukan setiap tahun menjelang musim tanam tiba.

Selain itu, penyelenggaran adat tahunan ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar masyarakat desa.

“Silahturahmi dan do’a bersama ini adalah langkah ucapan syukur kepada Tuhan YME dan dibidang pertanian hasil panennya semakin meningkat dan tidak ada kendala,” ungkap Samsul.

“Alhamdulillah warga masyarakat Desa Pabean Udik sangat antuasias,” sambungnya.

“Harapannya mudah-mudahan dengan dilaksanakannya doa bersama dan acara sedekah bumi ini. Warga Desa Pabean Udik menjadi makmur dan sejahtera. Dan untuk hasil pertaniannya semakin meningkat dengan kwalitas hasil padi yang bagus,” tutup Kuwu Desa Pabean Udik. (Dasir/Manyan)