Sosok Inspiratif, Agung Trihandono Putra Berhasil Cetak Murid Berpretasi Lewat Seni

Agung Trihandono Putra, sedang menerima penghargaan langsung dari Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina

Mandanews.idIndramayu – Agung Trihandono Putra,S.Pd., M.Sn merupakan sosok Guru yang inspiratif. Ia mengajar di SMAN 1 Kandanghaur Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Agung juga merupakan guru yang mengajar dimata pelajaran kesenian. Berkat konsistensi dan dukungan dari Kepala Sekolah SMAN 1 Kandanghaur, dia berhasil mencetuskan para murid yang berprestasi di bidang kesenian maupun kebudayaan.

Read more: Sosok Inspiratif, Agung Trihandono Putra Berhasil Cetak Murid Berpretasi Lewat Seni

Dibuktikan, pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat kabupaten yang digelar pada bulan Juni 2023, muridnya berhasil jadi juara dibidang Menyanyi Solo tingkat Kabupaten Indramayu dan murid tersebut dikirimkan ke tingkat provinsi Jawa Barat.

Dia juga berhasil mencetak murid yang bertalenta dibidang kesenian. Dan muridnya juga berhasil jadi juara. Agung juga dikenal sebagai sosok guru favorit di SMAN 1 Kandanghaur.

Agung Trihandono Putra juga dikenal sebagai tokoh Kesenian di Kabupaten Indramayu dan sebagai ketua MGMP Seni Budaya SMA Kabupaten Indramayu dan juga sebagai pengurus MGMP dibidang yang sama di tingkat Provinsi Jawa barat.

Baru-baru ini Ia berkontribusi dalam ajang pemilihan duta kesenian dalam hari ulang tahun kota Mangga yang ke 496 tahun.

Agung menjadi sosok kesenian yang banyak memiliki kontribusi pada dunia kesenian di Kabupaten Indramayu. Ia menjadi salah satu tim penyelia 2 tahun terakhir dalam ajang anugerah seni dan budaya tahun 2023.

Dalam kontribusi tersebut, Agung Trihandono Putra mendapatkan Piagam penghargaan yang diberikan langsung oleh Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina pada penutupan acara penutupan pameran pembangunan Indramayu, pada 11 Oktober 2023 lalu.

Agung mengatakan dirinya fokus terhadap dunia pendidikan. Karena sudah menjadi tugas pokok seorang guru yang mengabdi untuk negeri. Dengan berbagai metode pengajaran yang baik dibidang kesenian dan budaya.

Dirinya berhasil menjadi penyemangat bagi anak didiknya dengan menyukai dan berprestasi pada bidang kesenian.

Murid juga menjadi terarah dan menyukai dunia kesenian, diantaranya dunia musik, menyanyi, melukis dan kesenian lainnya, dan banyak mencetak siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi seni baik di ISBI Bandung, ISI Yogyakarta dan Solo, UPI Bandung dan perguruan swasta lainnya yang ada di Indonesia, kebanyakan mereka sudah menjadi guru di SMP dan SMA.

“Salah satu langkah untuk mencapai semua itu dengan menerapkan program ekstrakulikuler kesenian,” kata Agung, Rabu (01/11/2023).

“Awalnya ada murid yang belum mengerti dengan kesenian dan budaya. Dengan meningkatkan ekstrakurikuler kesenian para murid jadi mengerti dan akhirnya mereka menyukai kesenian,” sambungnya.

Agung juga sering mengikutsertakan para muridnya pada lomba-lomba kesenian dan budaya. Dari ajang ke ajang dan dari lomba ke lomba akhirnya mereka bisa mencetuskan hal yang berprestasi dengan menjuarai perlombaan. (Dwi F)