Ribuan Masyarakat Tumpah, Ikuti Pawai Arak-arakan Unjungan Mbah Buyut Rakiman Desa Sudimampir

Pawai arak-arakan masyarakat tumpah ruah mengikuti jalannya kegiatan mengelilingi jalan desa setempat.

Mandanews.idIndramayu – Semarak sambut unjungan Mbah Buyut Rakiman Blok Serja Desa Sudimampir Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu berlangsung meriah. Masyarakat menggelar pawai arak-arakan mengelilingi jalan-jalan desa.

Ribuan masyarakat tumpah ruah meramaikan acara yang digelar rutin setiap tahun tersebut. Ada anak-anak yang menaiki sisingaan atau burung-burungan yang dipanggul, ada yang menaiki kuda renggong serta remaja dan dewasa juga berjoget ria mengikuti alunan musik yang mengiringi.

Pawai yang melintasi jalan ini, menyedot ribuan pasang mata untuk keluar dari rumah untuk menyaksikan berjalannya pawai tersebut.

Salah satu warga setempat, Komarudin mengatakan event tahunan ini merupakan acara yang digelar setiap tahun dalan memperingati unjungan. Dan kali ini yang menggelar adalah para pemuda dan pemudi blok serja dalam menyambut hari puncak acara yang akan digelar pada esok hari.

“Semarak pawai ini merupakan acara yang ditunggu oleh semua masyarakat desa,” kata dia, Sabtu (28/10/2023).

“Masyarakat berbondong-bondong kompak merayakan pesta rakyat dalam rangka unjungan mbah buyut rakiman blok serja Desa Sudimampir,” ungkapnya.

Ajang ini merupakan kegiatan untuk mempererat tali silaturahmi sesama warga. “Ini juga merupakan langkah dalam rangka mempererat jalinan silaturahim antar masyarakat,” sambungnya.

Diketahui, peringatan hari puncak unjungan mbah buyut rakiman digelar pada Minggu (29/10/2023) dengan diramaikan pertunjukan seni budaya wayang orang atau Sandiwara Lingga Buana dari Losarang dengan seniman pelawak yang terkenal Wa Kancil dan Wa Koslet. (Dwi Fransiska)